Kereta Khusus Perempuan

sumber: msn.com

Alhamdulillah, akhirnya pemerintah memberikan transportasi khusus bagi perempuan, yaitu Gerbong KRL khusus perempuan. KRL jalur Jabodetabek adalah transportasi favorit masyarakat menengah kebawah. Pada jam-jam sibuk gerbong selalu penuh melebihi kapasitas. Selama ini dengan sistem transportasi yang menggabungkan penumpang laki-laki dan perempuan berdampak negatif bagi penumpang perempuan, salah satunya adalah kejadian pelecehan seksual. Islam adalah agama yang sangat menghormati dan memuliakan perempuan sehingga dalam syariatnya telah diatur sejumlah hukum yang bertujuan untuk melindungi perempuan agar tidak dilecehkan lawan jenisnya. Diantaranya  menutup aurat, dan pemisahan tempat bagi laki-laki dan perempuan. Dengan adanya transportasi khusus bagi perempuan akan menciptakan rasa aman bagi perempuan dalam memanfaatkan fasilitas publik. Terimakasih PJKA.

PT KAI Comuter Jabodetabek mengoperasikan kereta dengan gerbong wanita di lintasan Jakarta-Bogor, Jakarta-Tangerang, Jakarta-Serpong dan Jakarta-Bekasi. Corporate Secretary PTKCJ Makmur Syaheran mengatakan, sejak diresmikan peminat gerbong khusus wanita terus meningkat.

Lihat gambar-gambar dari balik kereta khusus wanita di galeri di bawah ini!

Karena permintaan penumpang cukup tinggi, maka mulai pekan ini layanan gerbong wanita dioperasikan di semua lintasan.”Ini berjalan alamiah. Penumpang sendiri yang memberikan penilaian atas keberadaan kereta khusus wanita, lalu mereka meminta untuk diterapkan di semua lintasan,” kata Makmur di Jakarta, Rabu, (25/8/2010) malam.

Kendati begitu, pengoperasian ini masih dilakukan secara terbatas mengingat ketersediaan rangkaian gerbong khusus yang jumlahnya masih minim. Pada tahap awal, pihaknya menyiapkan sepuluh rangkaian kereta.

Saat ini layanan gerbong wanita hanya dioperasikan untuk KRL Ekspres dan Ekonomi AC. Sedangkan pengoperasian di kelas ekonomi masih menunggu hasil evaluasi sehabis lebaran Idul Fitri. (frd)

sumber :  http://news.id.msn.com Thu, 26 Aug 2010 00:08:32 GMT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s